Banner Kain SpreiDi pasaran ada banyak sekali pilihan kain sprei. Masing-masing jenis bahan kain sprei itu punya tingkat kualitas yang berbeda dari segi kelembutan, kenyamanan, keawetan dan sebagainya. Seringkali, banyak orang kebingungan dengan semua pilihan-pilihan bahan sprei yang ada. Biasanya karena memang mereka belum pernah merasakan satu persatu semua bahan tersebut. Selain itu, artikel mengenai semua jenis bahan-bahan sprei juga sangat jarang ditemukan. Walhasil, kebanyakan orang hanya menerima saja jualan-jualannya para pedagang sprei. Dimana masing-masing penjual mengatakan bahwa bahan sprei yang mereka gunakan itu kualitas yang sangat baik dan sebagainya.

Nah, itulah sebabnya pada postingan kali ini Mikalu ingin memberikan penjelasan mendetail tentang jenis bahan-bahan sprei yang ada di pasaran internasional. Mikalu juga akan mencoba menggambarkan deskripsi, asal-usul, biaya dan ketersediaa bahan-bahan tersebut di pasaran. Penjelasannya akan diurutkan mulai dari bahan yang kurang populer sampai ke bahan yang paling populer, paling banyak dipakai sebagai bahan sprei.

Bahan Sprei Bamboo Fibre (Serat Bambu)

serat bambu - bamboo fiber

Tampilan bahan bamboo fiber

Yang dimaksud dengan serat bambu disini adalah serat selulosa yang diekstrak dari tanaman bambu (dengan bahan tambahan lainnya). Serat selulosa ini dibuat dari batang bambu yang sudah dilumat menjadi bubur. Secara kualitas, kain seprai yang terbuat dari bamboo fibre ini dalam banyak aspek mampu mengalahkan bahan lainnya. Berikut ini beberapa kelebihan serat bambu:

  • Kain serat bambu menyerap dan menguapkan keringat lebih cepat. Tidak lengket di kulit. Tidur jadi terasa lebih nyaman.
  • Kain serat bambu memiliki kemampuan “ajaib” dalam mengatur suhu. Kain serat bambu tidak akan terasa panas pada cuaca yang panas. Dan akan menjadi terasa hangat dalam cuaca yang dingin.
  • Kain serat bambu tahan terhadap sinar UV.
  • Kain serat bambu juga tahan dari serangan jamur (fungi).
  • Dalam skala mikroskopis, serat bambu berbentuk permukaan bundar. Ini membuat kain serat bambu jadi terasa lebih lembut.
  • Karena tidak mengandung bahan kimia, serat bambu sangat cocok bagi Anda yang mudah alergi pada bahan-bahan kimia tertentu.
  • Penggunaan kain serat bambu juga mempromosikan gaya hidup cinta lingkungan. Berikut beberapa sebabnya:
  • Manfaat Bagi Lingkungan:
    • Serat bambu bersifat biodegradable (bisa terurai secara alami)
    • Bambu merupakan tumbuhan dengan tingkat pertumbuhan tercepat. Sehingga penggunaannya bisa lebih sustainable (tahan lama, tidak menghabiskan sumber daya)
    • Bambu mampu hidup tanpa pestisida atau fertilisasi sama sekali.
    • Berbeda dengan pohon kayu biasa, bambu mampu tumbuh dengan sangat cepat.

Terlepas dari semua kelebihanya itu, yang sangat disayangkan adalah bahan kain ini masih sangat jarang beredar di pasaran. Mungkin karena biaya produksi yang lebih tinggi dibandingkan dengan bahan lain

Kain Sprei Rayon

kain-sprei-rayon

Macro shot sprei rayon

Rayon, seperti halnya dengan serat bambu, juga dibuat dari serat selulosa. Bedanya, jika pada bamboo fibre, serat selulosa dibuat dari batang bambu. Pada rayon, serat selulosa didapatkan dari pohon kayu yang dicampur dan direaksikan dengan berbagai bahan kimia seperti soda kaustik, karbon disulfida dan sebagainya. Ini membuatnya tidak sealami kain serat bambu. Kain rayon, oleh para pemerhati lingkungan, juga dituduh sebagai penyebab utama penggundulan hutan. Secara kualitas, kain rayon cukup lembut. Bahkan dengan komposisi tertentu mampu mengimitasi kelembutan kain sutra. Serat rayon juga qrelatif mudah diwarnai. Satu kelebihan rayon adalah dia tidak menahan panas tubuh, sehingga cocok untuk wilayah beriklim panas. Sayangnya kain rayon kurang baik dalam hal elastisitas dibandingkan dengan kain lain. Itulah makanya perawatan kain rayon cukup sulit. Untuk mencucinya Anda harus menggunakan dry cleaning.

Bahan Sprei Sutra

tampilan bahan sprei sutra

kain sprei sutra

Bagi Anda yang benar-benar serius menginginkan suasana kamar tidur yang terkesan mewah, Kain sutra tentu harus jadi pilihan utama. Yap! sutra memang sudah sejak lama dikenal luas sebagai bahan kain berkualitas sangat tinggi. Dibuat dari coccoon larva ulat sutra, dan beberapa serangga lain. Untuk kemudian ditenun. Kemampuang penyerapan sutra membuatnya nyaman dipakai dalam cuaca hangat. Kebalikannya, konduktivitasnya yang rendah menjaga udara hangat agar tetap berada di dekat kulit saat cuaca dingin. Diluar semua itu, kelebihan utama dari sutra adalah kesan ampilan mewah yang dimilikinya. Tak ada bahan kain lain yang mampu menandingi kesan kemewahan tersebut. Namun sama sperti serat bambu, sprei berbahan sutra juga sulit didapat di pasaran. Ini karena harganya yang bisa sangat mahal. Harga mahal ini membuat permintaannya kecil, sehingga jarang ada penjual sprei yang mau menjual sprei berbahan sutra.

Kain Sprei Linen

bahan sprei linen

Tampilan kain sprei linen

Kain linen dibuat dari serat tumbuhan flax (tanaman linen). Secara manufkatur, kain linen butuh tenaga yang banyak dalam pembuatannya. Namun kualitas yang dihasilkan memang sepadan. Kain linen dikenal dengan keademannya yang luar biasa dan juga kesegarannya dalam cuaca yang panas. Bisa dibilang kain linen merupakan jenis kain tertua yang pernah digunakan manusia. Bahkan linen sempat dijadikan mata uang pada zaman mesir kuno. Kain yang membalut mumi-mumi di mesir juga terbuat dari linen. Sama halnya dengan sutra, kain linen merupakan kain yang sangat mahal dan hanya diproduksi secara terbatas. Sehingga, Anda pun akan cukup kesulitan mencari sprei berbahan linen di pasaran sprei biasa.

Kain Sprei Katun

bahan sprei katun

contoh kain sprei katun

Nah ini dia jenis bahan kain sprei yang paling banyak dipakai di seluruh dunia. Biayanya yang relatif murah dibandingkan dengan bahan lain membuatnya menjadi primadona di pasar. Meskipun secara kualitas tak mampu menandingi bahan-bahan lain seperti sutra dan linen. Namun katun tetap menunjukkan bahwa faktor ekonomis merupakan faktor utama yang mendorong orang untuk membeli sprei. Hal ni wajar saja terjadi, katun memang sudah cukup layak dan cocok dijadikan bahan kain sprei. Kelembutannya, adaptabilitasnya terhadap suhu, dan juga kemudahan produksi sudah cukup menjadi alasan kuat kenapa sprei katun menjadi sprei yang paling banyak dicari orang. Tingginya permintaan akan sprei berbahan katun, pada akhirnya juga membuatnya banyaknya penjual sprei berbahan katun dimana-mana.

Bahan katun sendiri juga terdiri dari berbagai macam tingkat kualitas yang berbeda-beda. Di Mikalu kami membedakannya dalam 3 kategori. Kami hanya mengambil 3 jenis bahan katun dengan kualitas tertinggi dibandingkan dengan bahan katun lainnya yang beredar di pasaran. Ketiga jenis katun tersebut adalah:

  • Katun jepang. katun impor dari jepang dengan tekstur yang lebih halus dan lebih lembut serta warna yang lebih tajam dan lebih terang. Biasa juga disebut dengan sprei satin jepang.
  • Katun cina. Jenis katun 100% impor dari Cina. Lebih halus dan juga lebih lembut.
  • Katun lokal. Katun lokal dengan kualitas katun mencapai 80% sehingga lebih halus, tidak berbulu & tidak luntur. Biasa juga disebut bahan catra.

Itulah dia penjelasan tentang berbagai macam jenis bahan kain sprei. Semoga bisa mencerahkan! :)

Incoming search terms:

  • jenis kain sprei
  • bahan sprei yang bagus
  • jenis bahan sprei
  • jual kain sprei
  • jual bahan sprei
  • bahan kain sprei
  • jenis kain untuk sprei
  • grosir bahan sprei
  • sprei sutra
  • serat bambu